ALLAHUAKBAR

Chelsea FC

flaming

Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Laman

Jumat, 13 Oktober 2017

Membuat Timeline 3D

ppt keren
Dalam presentasi pengenalan produk atau perusahaan biasanya terdapat sebuah sesi untuk memperlihatkan perkembangan produk/perusahaan dari waktu ke waktu. Biasanya Anda akan mencari gambar timeline di internet atau menggunakan template jadi untuk mempercantik slide timeline Anda. Sebenarnya dengan objek-objek (shape) yang ada di PowerPoint, Anda dapat membuatnya dengan mudah.
Langkah pertama yang Anda lakukan adalah dengan membuat panah sebagai landasan dari timeline. Anda tinggal klik Tab Insert dan klik Shape. Pilih panah dan buatlah memanjang pada slide.

1
Selanjutnya Anda akan membuat beberapa acuan tahun. Gunakan Rounded Rectangle dan buat acuan tahun sebanyak yang Anda inginkan.
2
Klik pada sebuah Rounded Rectangle, lalu klik pada titik kuning dan geser ke kanan. Lakukan hal ini pada semua Rounded Rectangle yang Anda buat.
3
Hilangkan garis tepi dan berilah warna yang berbeda pada setiap objek. Disarankan menggunakan warna gelap pada panah, agar mata tertuju pada acuan waktu.
4
Sorot semua objek dan buat menjadi satu grup dengan menekan kombinasi tombol CTRL+G.
5
Sekarang saatnya memberikan efek 3D. Pertama Anda akan memberikan efek perspektif pada grup objek ini. Caranya klik Tab Format, lalu klik Shape Effects arahkan ke 3-D Rotation dan pilih Perspective Contrasting Left (Anda juga boleh memilih Perspective Contrasting Right, silakan pilih sesuai selera).
6
Klik pada grup objek lalu klik pada semua Rounded Rectangle yang Anda buat sambil menekan tombol SHIFT, sehingga semua Rounded Rectangle terpilih. Klik kanan dan klik Format Object.
7
Akan terbuka sebuah dialog box (panel di sebelah kanan jika Anda mengguanakan Microsoft PowerPoint 2013), klik 3-D Format. Lalu isikan Depth sesuai dengan ketebalan yang Anda inginkan, misal di angka 50 pt.
8
Agar terlihat lebih 3D berikan efek Bevel pada Top. Silakan Anda pilih efek yang Anda suka.
9
Sekarang klik pada panah dan berikan efek Bevel yang sama. Lalu berikan juga Depth, hanya saja masukkan angka yang lebih kecil daripada Depth untuk Rounded Rectangle. Misalkan dengan angka 35.
10
Jika Anda lihat, panah menembus Rounded Rectangle dengan cara yang aneh. Agar panah terlihat wajar, Anda harus menggeser posisi panah. Namun Anda tidak bisa menggunakan cara biasa untuk menggeser posisi panah. Klik 3-D Rotation dan isikan Distance from ground dengan angka negatif, sampai Anda piker posisi panah sudah pas.
11
Terakhir Anda klik keseluruhan grup, lalu klik Shadow, dan berikan sebuah efek bayangan agar timeline yang Anda buat terlihat lebih 3D.
12
Dan timeline 3D Anda sudah jadi. Anda dapat menuliskan tahun atau bulan pada setiap Rounded Rectangle yang Anda buat dan memberi keterangan-keterangan lainnya seperti peristiwa yang terjadi, nama produk, logo perusahaan, atau informasi lainnya. Anda pun boleh menggunakan objek lain seperti persegi panjang atau oval sebagai pengganti Rounded Rectangle, silakan gunakan sesuai selera.
13

0 komentar:

Posting Komentar