ALLAHUAKBAR

Chelsea FC

flaming

Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Laman

Kamis, 12 Oktober 2017

Trik dan Tip Excel Terbaru



tutorialmicrosoftexcel.net – Pada tutorial microsoft excel kali ini kita akan membahas beberapa Trik dan Tips excel terbaru. Trik dan Tip ini yang jarang dipakai akan tetapi sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan kantor kita. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari Trik dan Tip Excel akan membuat pekerjaan lebih efisien dan efektif dalam menggunakan microsoft excel. Berikut ini beberapa Trik dan Tip Microsoft Excel terbaru.

Menambahkan Shortcut pada Menu Bar

Hampir semua dari kita suka cara pintas dalam menyelesaikan pekerjaan di excel dalam hanya sekali klik. Dalam hal ini Microsoft Excel telah menyediakan fasilitas shortcut untuk memudahkan mengakses perintah dalam sekali klik. Pada bagian pojok kiri atas layar microsoft excel, kita dapat melihat 3 ikon kecil, 1 ikon save dan 2 ikon untuk undo dan redo.
Baca juga : Menggunakan Keyboard Shorcut Pada Microsoft Excel
Ketiga shorcut tersebut disediakan oleh Microsoft Excel untuk memudahkan kita. Tidak banyak diketahui oleh pengguna, bahwa Excel juga menyediakan fasilitas agar kita dapat menambahkan shortcut di tempat tersebut yang sesuai dengan keinginan kita.
Trik dan Tip Excel
Trik dan Tip Excel
Untuk melakukannya kita dapat mengklik tanda panah di sebelah ikon save, undo dan redo yang menyatakan “Customize Quick Access Toolbar”. Menekan klik pada bagian ini akan menampilkan pilihan shorcut lainnya yang disediakan oleh microsoft excel. Kita tinggal melakukan centang untuk menambahkan shortcut yang kita inginkan untuk tampil pada toolbar.
Trik dan Tip Excel Terbaru

Trik dan Tip Excel Untuk Membatasi Input

Bagaimana jika dalam melakukan pendataan dalam microsoft excel kita hanya menginginkan data spesifik saja?. Sering kali terjadi kita salah dalam melakukan input data dan menyebabkan output terakhir tidak sesuai dengan keinginan kita. Dalam rangka memastikan hanya nilai tertentu yang terinput pada cell kita perlu melakukan validasi data. Dengan ini kita dapat membatasi jangkaun nilai yang sesuai dengan keinginan kita yang akan terinput.
Pada Tutorial Trik dan Tip Excel akan membahas cara untuk membatasi nilai input secara spesifik. Dalam hal ini kita menggunakan Fungsi Validasi Data (Data Validation). Pilihlah cell atau beberapa cell kemudian klik icon Data Validation.
Trik dan Tip Excel Data Validation
Setelah mengklik data validation seperti gambar di atas, maka akan tampil dialog box. Pada Dialog Box tersebut kita bisa menentukan dan mengatur jenis data yang kita inginkan untuk diinput di dalam cell. Untuk jenis data, Microsoft Excel menyediakan beberapa opsi yang kita bisa lihat dengan mengklik list box Allow.
Trik dan Tip Excel Data Validation
Sebagai contoh kita akan memilih jenis data “Whole Number” maka kita akan diminta untuk mengisi kisaran angka yang kita ijinkan untuk terinput.  Pilihlah Between untuk bagian data lalu ketik 12 pada Minimum dan 111 pada Maximum. Lebih jelas lagi lihatlah gambar dibawah ini.
Trik dan Tip Excel Data ValidationDalam hal ini kita hanya mengijinkan cell yang kita pilih terinput dengan nilai angka antara (between) 12 sampai dengan 111. Di luar angka  tersebut Microsoft Excel akan menampilkan pesan error untuk mencegah nilai tersebut terinput. Dengan ini kita terhindar dari kesalahan penginputan data yang tidak sesuai dengan keinginan kita.

Trik dan Tip Excel Data ValidationConditional Formating

Seperti namanya, Conditional Formating merupakan fungsi yang sangat powerfull. Sangat berguna jika kita ingin membuat format berbeda terhadap cell tertentu. Sebagai contoh jika kita ingin mewarnai tanda merah pada murid yang tidak lulus di daftar nilai yang telah kita buat.
Trik dan Tip Excel Conditional FormatingUntuk melakukannya, Pilihlah cell yang akan kita tandai (lihat gambar di atas) kemudian klik ikon menu Conditional Formating lalu pilih menu New Rule. Pada dialog box New Rule, tentukan nilai yang akan kita tandai dan warna . Sebagai contoh, pilihlah menu “Format Only cells that contain” isilah nilai angka yang akan kita tandai seperti gambar di bawah ini. Untuk melakukan format warna merah anda dapat mengklik tombol format pada preview (lihat gambar di bawah).

Trik dan Tip Excel Conditional FormatingUbah Tabel Dengan Fungsi Transpose

Dalam penyajian tabel data, ada dua jenis tabel yang dapat kita gunakan yaitu tabel horizontal dan vertikal. Tabel vertikal sangat umum digunakan tetapi tabel horizontal juga sesekali digunakan. Pada Trik dan Tip Excel kali ini kita akan membahas bagaimana mengubah tabel vertikal ke jenis tabel horizontal?. Menggunakan metode copy paste hanya memindahkan tabel dan tidak merubah jenis tabel tersebut. Untuk itu, Microsoft Excel memiliki fungsi TRANSPOSE untuk dapat merubah jenis tabel vertical ke horizontal.
Trik dan Tip Excel Fungsi TransposeUntuk melakukan perubahan dari tabel vertikal ke tabel horizontal, kita perlu melihat berapa banyak baris dan kolom yang kita miliki untuk tabel tersebut. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini merupakan tabel vertikal yang memiliki 2 kolom dan 9 baris data yang akan kita ubah menjadi tabel horizontal. Artinya pada tabel horizontal yang akan kita hasilkan memiliki 9 kolom dan 2 baris data.
Trik dan Tip Excel Fungsi TransposeUntuk melakukannya, pertama pilih letak tabel baru dan sorotlah cell sesuai kebutuhan. Jika pada tabel vertikal memiliki  2 kolom 9 baris data (A1:B9) maka sorotlah cell untuk tabel horizontal dengan 9 kolom 2 baris data G9:O10 (lihat gambar di atas). Kemudian ketiklah pada sudut atas sebelah kiri cell fungsi  “=Transpose(A1:B9) lalu secara bersamaan tekan tombol shift+ctrl+ enter lihatlah apa yang terjadi.
Trik dan Tip Excel Fungsi TransposeKami harap artikel Trik dan Tip Excel kali ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan

0 komentar:

Posting Komentar