
Menambahkan Shortcut pada Menu Bar
Hampir semua dari kita suka cara pintas dalam menyelesaikan pekerjaan di excel dalam hanya sekali klik. Dalam hal ini Microsoft Excel telah menyediakan fasilitas shortcut untuk memudahkan mengakses perintah dalam sekali klik. Pada bagian pojok kiri atas layar microsoft excel, kita dapat melihat 3 ikon kecil, 1 ikon save dan 2 ikon untuk undo dan redo.Baca juga : Menggunakan Keyboard Shorcut Pada Microsoft ExcelKetiga shorcut tersebut disediakan oleh Microsoft Excel untuk memudahkan kita. Tidak banyak diketahui oleh pengguna, bahwa Excel juga menyediakan fasilitas agar kita dapat menambahkan shortcut di tempat tersebut yang sesuai dengan keinginan kita.
Untuk melakukannya kita dapat mengklik tanda panah di sebelah ikon save, undo dan redo yang menyatakan “Customize Quick Access Toolbar”. Menekan klik pada bagian ini akan menampilkan pilihan shorcut lainnya yang disediakan oleh microsoft excel. Kita tinggal melakukan centang untuk menambahkan shortcut yang kita inginkan untuk tampil pada toolbar.

Trik dan Tip Excel Untuk Membatasi Input
Bagaimana jika dalam melakukan pendataan dalam microsoft excel kita hanya menginginkan data spesifik saja?. Sering kali terjadi kita salah dalam melakukan input data dan menyebabkan output terakhir tidak sesuai dengan keinginan kita. Dalam rangka memastikan hanya nilai tertentu yang terinput pada cell kita perlu melakukan validasi data. Dengan ini kita dapat membatasi jangkaun nilai yang sesuai dengan keinginan kita yang akan terinput.Pada Tutorial Trik dan Tip Excel akan membahas cara untuk membatasi nilai input secara spesifik. Dalam hal ini kita menggunakan Fungsi Validasi Data (Data Validation). Pilihlah cell atau beberapa cell kemudian klik icon Data Validation.

Setelah mengklik data validation seperti gambar di atas, maka akan tampil dialog box. Pada Dialog Box tersebut kita bisa menentukan dan mengatur jenis data yang kita inginkan untuk diinput di dalam cell. Untuk jenis data, Microsoft Excel menyediakan beberapa opsi yang kita bisa lihat dengan mengklik list box Allow.

Sebagai contoh kita akan memilih jenis data “Whole Number” maka kita akan diminta untuk mengisi kisaran angka yang kita ijinkan untuk terinput. Pilihlah Between untuk bagian data lalu ketik 12 pada Minimum dan 111 pada Maximum. Lebih jelas lagi lihatlah gambar dibawah ini.

Conditional Formating
Seperti namanya, Conditional Formating merupakan fungsi yang sangat
powerfull. Sangat berguna jika kita ingin membuat format berbeda
terhadap cell tertentu. Sebagai contoh jika kita ingin mewarnai tanda
merah pada murid yang tidak lulus di daftar nilai yang telah kita buat.
Ubah Tabel Dengan Fungsi Transpose
Dalam penyajian tabel data, ada dua jenis tabel yang dapat kita
gunakan yaitu tabel horizontal dan vertikal. Tabel vertikal sangat umum
digunakan tetapi tabel horizontal juga sesekali digunakan. Pada Trik dan Tip Excel
kali ini kita akan membahas bagaimana mengubah tabel vertikal ke jenis
tabel horizontal?. Menggunakan metode copy paste hanya memindahkan tabel
dan tidak merubah jenis tabel tersebut. Untuk itu, Microsoft Excel
memiliki fungsi TRANSPOSE untuk dapat merubah jenis tabel vertical ke
horizontal.


0 komentar:
Posting Komentar